Gue sering denger kalo “anak fisika pasti menguasai MTK dan
anak mtk gak bisa pelajaran fisika.????”
Gue sendiri masih bingung,
masalahnya gue gak pernah meneliti hal kayak gitu
Tapi waktu itu temen gue
pernah belajar bareng sama anak MTk. Anak MTK itu ngerjain soal yang sama dengan
soal yang gue kerjain, ternyata anak mtk itu bisa ngerjain 1 soal dengan memakai
5 cara yang beda-beda, tapi hasilnya sama. Wew…Sementera gue Cuma pake 1 cara doang. -_-
Mereka (anak MTK)
sangat menguasai ilmu–ilmu MTK. Ilmu Matematika gue masih cetek di banding mereka.
Intinya, gue gak boleh
terlalu pamer dengan jurusan yang gue tekuni,
lalu meremehkan jurusan Mtk. Karna mereka punya kelebihan yang gue gak punya.
Begitu juga anak ekonomi,
fisip, Sastra, pertanian, peternakan dll.Mereka punya kelebihan di bidangnya
yang anak fisika sendiri gak punya.Tanpa anak pertanian mungkin susah untuk dapetin
beras dengan kualitas unggul.
Jadi, Jurusan apa yang terbaik?
Gak ada jurusan yang terbaik, semua relative tergantung orang yang
menekuni jurusan tersebut. Jika gue bilang jurusan fisika yang terbaik, itu karena
ego gue sendiri yang bilangs.
Dari pada terlalu bangga
sama yang namanya jurusan, lebih baik tekunin ilmu yang dikasih dosen/guru ,
buku, internet dll. Dan jadi orang yang baik
di jurusanya. Gue gak bakal ngejelasin fisikaitu apa, sehebat apa, tentang apa,
atau jadi apa. Biar anak fisika sendiri yang definisiin gimana rasanya di fisika. Yang gue maksud disini
bukan promosi tapi ada hal lain.
Dari pada terlalu bangga
sama yang namanya jurusan. Mending tinggalin status dari jurusan apa. Kalo anak
fisika terlalu bangga sama jurusannya, kalo anak peternakan pertanian dsb juga terlalu
bangga sama jurusannya, gak baka lada yang namanya kerjasama yang bagus. Yang
ada Cuma mementingkan ego masing-masing.
Kalo anak pertanian/peternak
memproduksi pangan, terus anak fisika menghitung suhu, curah hujan,panjang gelombang
matahari yang efektif untuk menghasilkan produk yang bagus.Terus anak sastra merangkai
kata untuk mempromosikan hasil produksi tani dan ternak.Lalu anak ekonomi mengatur
biar jumlah permintaan dan penawaran tetap stabil tanpa ada fluktasi.Dan anak fisip
yang ngatur proses kerja sama dari semua kalangan.
Percaya semua ilmu di
dunia saling berkaitan satu sama lain.
Atom 1 dan atom
lainnya salingkerjasama membentukmolekul.
molekul 1 dan lainya kerjasama membentuk sel.
sel 1 dan lainnya kerjasama membentuk jaringan.
jaringan 1 dan lainnya kerjasama membentuk organ.
organ Lambung, ginjal, hati, usus kerjasama membentuk sistem organ pencernaan.
sistem organ pernafasan, reproduksi, pencernaan, kerjasama membentuk individu manusia.
molekul 1 dan lainya kerjasama membentuk sel.
sel 1 dan lainnya kerjasama membentuk jaringan.
jaringan 1 dan lainnya kerjasama membentuk organ.
organ Lambung, ginjal, hati, usus kerjasama membentuk sistem organ pencernaan.
sistem organ pernafasan, reproduksi, pencernaan, kerjasama membentuk individu manusia.
Kalo Jantung kerjasendiri tanpa ada pembuluh darah, gak bakal ada manusia
yang hidup.
Jangan sampe kerjasama
berenti di individu manusia. Manusia 1 dan manusia
lainnya harus menurunkan ego masing-masing agar dapat bekerjasama.
Batu es takkan bisa menyatu dengan batu es
lainnya, kecuali batu es itu mencair.Batu es diibaratkan ego manusia.